Sabtu, 09 Januari 2021

2. Menjelaskan Isi Permasalahan Dalam Negosiasi (Pengajuan, Penawaran, dan Persetujuan)

Perhatikan percakapan berikut ini :
  • Sales      : "Ada gan, SONIC, BEAT, dan VARIO masih ada."
  • Pembeli  : "Gan, masih ada SONIC yang merah?"
  • Sales      : "Ada gan ... silahkan segera di pesan."
  • Pembeli  : "Mau gan, bisa dikirim kapan ya?"
     Apakah anda pernah melakukan negosiasi dalam media sosisal? Melakukan negosiasi tidak hanya dengan bertatap muka. Pada zaman yang modern ini, banyak akun media sosial yang menawarkan barang dan jasa melalui media internet. Kita sebagai konsumen harus pandai dan selektif dalam bernegosiasi.
     Negosiasi juga bisa dilakukan secara tertulis seperti contoh berikut :

Cirebon, 10 Januari 2021
Yth. Bapak Sumitro

Dengan Hormat
     Dengan ini saya ingin mengajak Bapak untuk bekerjasama. Perusahaan saya memiliki beberapa produk mesin yang sangat cocok untuk menunjang kebutuhan peralatan mesin pada perusahaan mie Instan yang akan Bapak bangun. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan saya memiliki kualitas baik dan harga yang terjangkau. Berikut saya kirimkan beberapa contoh produk dan daftar harganya.
     Apabila Bapak tertarik, saya mengharapkan Bapak untuk mengajukan permintaan. Saya akan memberikan potongan harga yang menarik apabila Bapak membeli lebih dari limapuluh produk.
      Demikian surat penawaran saya. Saya berharap kita dapat bekerjasama.

                                                                                                                    Hormat Saya



                                                                                                                     Azlina Raya

Surat negosiasi di atas kemudian mendapat balasan dari Bapak Sumitro. 

Sebelum membahas surat balasan dari Bapak Sumitro kita rehat sejenak. 



Berikut surat balasan dari Bapak Sumitro. 


Jakarta, 15 Januari 2021

Yth. Ibu Azlina Raya

Dengan Hormat,
     Saya sangat berterimakasih  atas penawaran kerjasama yang Ibu tawarkan. Kebetulan sekali, perusahaan mie instan yang sedang saya bangun membutuhkan barang-barang yang Ibu tawarkan sebagai perlengkapan perusahaan. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menerima tawaran kerjasama dengan Ibu setelah saya mempertimbangkan kualiitas produk yang Ibu tawarkan.
     Dari beberapa contoh produk yang Ibu berikan, saya tertarik untuk membeli mesin produksi 30 buah, mesin pembuat kemasan 25 buah dan meja kursi sebanyak 10 set. Jika diperkenankan, saya ingin mengajukan beberapa persyaratan, yaitu :
  1. Pembayaran dilakukan ketika barang datang 60 %
  2. Sisa pembayaran sebanyak 40 % akan dilakukan dalam dua bulan setelah pembayaran pertama.
     Demikian surat balasan dari saya. Terima kasih atas kepercayaan Ibu untuk bekerjasama dengan saya. 

                                                                                                                Hormat saya, 


                                                                                                                   Sumitro


Anda memiliki gangguan maag
Haid tidak lancar/perut sakit melilit
Badan bau keringat
Teguk saja JAKUN
Solusi cepat menyehatkan umat
For order 085320922505


Dalam kedua surat tersebut tampak negosiasi antara Ibu Azlina Raya dan Bapak Sumitro. Ibu Azlina Raya selaku pengusaha mesin menawarkan produknya kepada Bapak Sumitro selaku pengusaha mie instan. Melalui surat negosiasi tersebut, pengusaha mie instan melakukan penawaran dengan mengajukan beberapa persyaratan.  Lalu bagaimana surat persetujuan yang ditulis oleh pengusaha mesin?



































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

L.K. 3.1 MENYUSUN BEST PRACTICE (SYAMSUL FUAD)

    Menyusun Cerita Praktik Baik ( Best Practice ) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkai...