Selasa, 29 Desember 2020

CERMAT BERNEGOSIASI (TEKS NEGOSIASI)

        Pernahkah Anda melakukan negosiasi atau melihat oranglain melakukan negosiasi? Negosiasi dapat ditemukan dalam teks (tulisan) dan percakapan (lisan). Negosiasi merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari, baik yang kita sadari maupun tidak kita sadari. Pada proses negosiasi kita harus bersikap saling menghargai antar sesame. Sabagai contoh, ketika kita sedang berbelanja di toko atau pasar maka kita akan terlibat suatu proses tawar menawar terkait harga barang yang akan dibeli. Dalam hal ini, berarti kita sedang melakukan praktek negosiasi.


        Pada bab ini, Anda akan belajar tentang negosiasi, mulai dari mengevaluasi, menyampaikan, menganalisis, dan mengonstruksi negosiasi.

A. Mengevaluasi Pengajuan, Penawaran, dan Persetujuan dalam Teks Negosiasi

Perhatikan dialog berikut :

- Pembeli     : "Pak, bagaimana harga buku ini kalau saya tawar?"

- Penjual      : "Tentu saja boleh. Berapa Mbak akan menawar harganya?



        Dalam kehidupan sehari-hari, anda pasti pernah melakukan interaksi seperti dialog di atas. Negosiasi tidak hanya berbentuk lisan, tetapi juga tulisan. Interaksi dalam teks dialog di atas hanyalah salah satu contohnya. 

        Jadi, apa yang anda ketahui mengenai negosiasi? Apakah Anda dapat menyebutkan contoh negosiasi lisan atau tulisan ? 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

L.K. 3.1 MENYUSUN BEST PRACTICE (SYAMSUL FUAD)

    Menyusun Cerita Praktik Baik ( Best Practice ) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkai...